Skip to main content

10 Film Science Fiction Terbaik


Seperti halnya membaca novel sci-fi, menonton film bergenre science fiction juga menjadi favorit tontonan saya. Bukan hanya jalan ceritanya yang rumit untuk ditebak, tetapi juga dengan twist cerita yang tak terduga.
Berikut ini adalah ulasan 10 film sci-fi terbaik yang pernah saya tonton:

Inception (2010)


Christopher Nolan selalu menghadirkan fil-film yang menarik dengan alur cerita yang berliku dan seringkali terjadi twist yang tak disangka-sangka. Dengan Leonardo Di Caprio sebagai actor utama, film yang bercerita tentang penyelinapan ke dalam mimpi untuk mencuri ide ini sampai sekaranh terus melekat dalam benak saya. Begitu mengagumkan. Sala satu film terbaik yang pernah saya tonton.
Jadi sekumpulan orang yang memiliki pekerjaan di dunia mimpi, Cobb (leonardo dicaprio), Arthur (Joseph Gordon Levitt) dan tim nya yang lain. pekerjaan mereka awalnya hanya tentang bagaimana mencuri atau mengambil suatu ide dari seseorang. mereka membuat target tidak sadar jika sedang bermimpi, namun pekerjaan mereka sering digagalkan oleh istri Cobb, Mal yang telah meninggal, yang sering muncul dimimpi dan mengganggu pekerjaan mereka, Mal sendiri merupakan proyeksi yang dihasilkan oleh pikiran Cobb. Begitu juga pekerjaan dengan target pengusaha Jepang pada waktu itu bernama Saito. Saito menyadari bahwa dia sedang menjadi target kelompok Cobb, Saito juga secara tidak langsung sedang menguji kemampuan kelompok Cobb karena dia mempunyai misi untuk Cobb, Saito menawarkan pekerjaan tersebut pada Cobb dan tentu saja dia tidak dapat menolaknya karna imbalannya adalah dia dapat bertemu dengan anak-anaknya kembali, dan  dia mengganggap ini adalah pekerjaan terakhirnya.
Yah pekerjaan itu berbeda dari pekerjaan yang sebelumnya, dan Arthur menganggap bahwa hal itu mustahil. tapi Cobb bersikeras, karna dia sendiri pernah mencobanya pada seseorang... pekerjaan itu adalah "menanamkan suatu ide", dengan cara membawa target ke dalam mimpi yang cukup dalam, level yang lebih dalam dari sebelumnya...  mereka harus mengumpulkan anggota tim terbaik, untuk mendukung pekerjaan terakhir ini. dimulai dari arsitek mimpi, ahli menyamar, dan ahli obat-obatan.
Mereka telah merencanakan pekerjaan itu dengan sangat baik namun mereka tidak menyadari bahwa target ternyata telah berlatih dan mempunyai perlindungan terhadap para pekerja mimpi ditambah lagi Mal muncul ditengah pekerjaan tersebut dan mengganggu.
Bagaimana kelanjutannya? Apakah misi terakhir Cobb berhasil? Apa yang membuat Mal muncul dalam setiap pekerjaan Cobb? Silahkan kawan tonton, film ini hukumnya wajib ditonton, dan gak cukup sekali..

Thor: The Dark World (2013)
Cerita Malekith dalam komik ini memang benar-benar jahat yang menginginkan Casket of Ancient Winters (the blue glowing box from Thor) yang akan digunakan sebagai senjata untuk membekukan sembilan dunia. Dia diasingkan oleh Odin namun kemudian dibebaskan oleh Surtur yang mengirim Malekith dengan menggunakan peti mati di bumi, menciptakan salju musim dingin dan musim gugur yang besar. Dihadapkan pada musuh yang susah/tidak bisa dihadapi/diatasi oleh Odin dan Asgard, maka Thor harus bersatu kembali dengan Jane Foster dan berangkat dengan melakukan perjalanan yang berbahaya dan akan memaksa dia untuk melakukan pengorbanan. Ditambah penampilan Natalie Portman membuat dilm ini semakin ciamik.

 2001: A Space Odyssey (1968)
2001 : A Space Odyssey adalah sebuah film jadul tanpa plot yang jelas. Relevansi antara satu cerita dengan cerita lainnya begitu susah untuk dihubungkan. Makanya saya agak kesulitan untuk menceritakan sinopsis film ini.  Jadi, 2001 : A Space Odyssey ini dibagi menjadi 4 section. Bagian pertama menceritakan tentang monyet-monyet gag jelas yang tampaknya merupakan asal mula manusia, yang harus hidup dalam ketakutan akan bahaya makhluk buas lain dan suku lainnya. Sampai suatu ketika ada batu monolith hitam dan monyet-monyet itu menyentuhnya. Ajaib, mereka langsung lebih pintar dan kemudian menciptakan benda-benda primitif dari tulang binatang untuk memburu hewan lain. Lalu section kedua, menceritakan Dr. Heywood R. Floyd yang datang ke bulan untuk meneliti tentang batu monolith hitam bersama rekan-rekannya. Section ketiga, menceritakan perjalanan 5 astronot ke Planet Jupiter dimana tiga diantaranya sedang hibernasi. Dua astronot sisanya yakni Dave dan Frank, menemukan adanya kerusakan yang terdeteksi oleh komputer canggih mereka, HAL. Ternyata, kerusakan tersebut tidak ada dan HAL rupanya menjadi komputer yang bisa melakukan kesalahan, sehingga Dave dan Frank berkeinginan untuk mencabut kabel komputer HAL. Karena gag mau kabelnya dicabut, HAL memutuskan untuk membunuh para astronot tersebut. Lalu di section terakhir, Dave telah berada di Jupiter.
Well, ceritanya bener-bener gag jelas, dan satu-satunya yang menghubungkan antar satu section ke section lainnya hanyalah batu monolith yang misterius itu, yang sampai akhir tidak diceritakan maksud batu itu apa.
 2001 : A Space Odyssey bagaikan sebuah enigma, teka-teki, seperti sebuah film yang dibuat murni untuk tujuan seni. Absurd, surealis, dengan gambar yang indah, dan bicara dalam bahasa non-verbal. Tidak lugas dan menimbulkan ambiguitas yang tidak terselesaikan. Bahkan dalam wawancaranya, Kubrick memang sengaja membuat film yang ‘aneh’ seperti ini. Biarkan penonton yang menginterpretasikan sendiri, mereka-reka makna dan filosofi yang terkandung di dalamnya, sedang ia sendiri tidak ingin menunjukkan secara lugas apa yang dimauinya sebagai penulis dan sutradara. Bahkan saya kira Stanley Kubrick sendiri mungkin tidak yakin dengan apa yang dia maksudkan. 2001 : A Space Odyssey, jelas adalah sebuah misteri besar. Sebuah misteri yang bahkan sudah dimulai sejak detik pertamanya, yang cuma memunculkan blank scene dengan efek suara-suara samar-samar lalu kemudian tampak planet dengan cahaya.... This is an epic sci-fi movie!

Back to the Future (1985, 1989,1990)
Film arahan sutradara Robert Zemeckis ini bercerita tentang petualangan siswa es-em-a sebuah sekolah di California dibantu seorang ilmuwan nyentrik menggunakan ‘Mesin Waktu’ untuk menjelajah ke berbagai periode waktu. Film ini adalah film trilogi tapi saya baru menonton yang pertama. Sekuelnya belum ketemu.

Eternal Sunshine of The Spotless Mind (2004)
Ini adalah film sci-fi yang sangat memainkan emosi penonton, dikemas dalam kisah drama dan romantisme. Berkisah tentang sepasang anak muda yang dulunya adalah sepasang kekasih, kemudian berpisah, lalu mereka berusaha untuk menghapus kenangan-kenangan yang ada dalam pikiran mereka yang selalu mengganggu dan menghantui. Melalui seorang ahli penghapus kenangan menggunakan sebuah alat yang bekerja saat mereka terlalap tidur

Source Code (2011)
Ffilm ini bercerita tentang seorang tentara Colter Stevens yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal yang tiba-tiba terbangun dalam tubuh yang tidak dikenalnya dan berada dalam perjalanan dengan kereta api, dia tidak dapat mengingat apapun,  dia hanya mampu mengingat bahwa sebelumnya dia berada dalam misi helikopter di afganistan, dia mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, tetapi 8 menit kemudian kereta yang ditumpangi tersebut meledak dan dia terbangun di tempat yang berbeda. ternyata misi nya telah berubah, ternyata dia menjadi objek percobaan dari misi yang disebut "source code", misi ini bertujuan untuk menemukan pelaku pemboman kereta yang ditumpanginya, (nah bingungkan?). ternyata kereta tersebut telah meledak dan dia berada dalam ingatan seorang penumpang yang ada di kereta tersebut... dalam kebingungan akan keadaannya yang sebenarnya dia harus kembali ke kereta tersebut dan menemukan pelakunya hanya dalam waktu 8 menit jika lebih dari waktu itu booom dia akan meledak kembali dan akan mengulangi misinya dari awal kembali... dapatkah dia menemukan pelakunya? dan mengubah masa depan?
Film ini unik menurut saya, dengan setting yang itu-itu saja, tapi penonton tidak akan pernah bosan menontonnya... film ini wajib ditonton buat yang suka misteri dan sci-fi...

Transformers: Dark of the Moon (2011)
Penelitian NASA berlanjut di tahun 1969 ketika Apollo 11 diluncurkan untuk meneliti keberadaan pesawat alien tersebut.  Satu rahasia penting yang disembunyikan oleh Pemerintah Amerika bersama NASA di misi pendaratan manusia pertama kali ke bulan. Hari ini, setelah 2 tahun kejadian Revenge of The Fallen di Mesir. Autobots bergabung dan membentuk aliansi rahasia memerangi konflik manusia di bumi sambil menunggu musuh Autobots yang sebenarnya. Dalam tugasnya, Optimus Prime dan Rachet serta kapten Lenox menyelidiki fasilitas Chernobyl yang disinyalir ada kontak dengan Decepticon di daerah bekas kecelakaan ledakan nuklir, Ukraina Baru setelah 40 tahun rahasia ARK di bulan diketahui Optimus Prime yang menemukan engine part bagian mesin kapal perang autobot (ARK) yang disangkanya hilang dari pertempuran cybertron. Alhasil membawa optimus menayakan hal tersebut ke NASA buntut akibat kekecewaannya kepada manusia yang telah membohonginya untuk merahasiakan diri dari kehidupan di bumi. Optimus dan Rachet pun begegas ke bulan dan menemukan Sentinel Prime beserta lima buah the pillar di reruntuhan Ark. Kemudian, menghidupkannya kembali menggunakan matriks di bumi. Di Afrika, Megatron melemah, Starscream dan Megatron senang karena rencana mereka berhasil mengelabui autobots perihal penemuan ARK di bulan. Megatron menyuruh Laserbeak untuk membungkam sekutu manusia mereka yang sebelumnya diajak bekerja sama dengan membunuhinya satu persatu. Secara kebetulan, Sam yang sudah hidup sebagai manusia normal dan telah bekerja di perusahaan Accurate System, bertemu dengan salah satu sekutu Decepticon dan dia mengatakan yang sebenarnya kepada  Sam Witwicky sebelum ia juga dibunuh.
Intersellar (2014)
Jadi ceritanya bumi sedang dalam kondisi krisis pangan yg sangat parah, bahkan petani lebih dibutuhkan daripada insinyur. Tapi tetap saja keadaan bumi yg semakin sekarat membuat petani juga tak memiliki banyak harapan . Akhirnya NASA memutuskan mencari planet baru untuk ditinggali manusia. Maka dari itu sebuah tim pun dikirim ke luar angkasa guna memeriksa keadaan berbagai macam planet baru untuk melihat kecocokannya dengan iklim bumi . Nah saat mereka mulai mengecek planet tersebut satu persatu, maka berlakulah hukum fisika seperti yg dikatakan Einstein yaitu teori relatifitas. Banyak hal yg telah mereka lewatkan guna penyelidikan itu. Harapan mereka hanya satu, lubang cacing yg tidak diketahui apa yg ada di dalamnya.

A.I. Artificial Intelligence (2001)
Jadi ini ceritanya mengenai kecerdasan buatan (seperti judulnya), dimana ada sebuah keluarga ilmuwan yg mengadopsi robot anak-anak yg sangat real look human , dikarenakan mereka putus asa dengan kondisi anak kandungnya sendiri yg koma berkepanjangan . Semua berjalan lancar-lancar aja ketika anak A.I ini mulai berinteraksi, tapi namanya robot pada akhirnya harus mengalami apa yg namanya ditinggalkan . Selanjutnya, anak inipun berpetualang mencari sosok fiksi yg hanya ada di cerita pinokio . Gimana bisa nemunya?

Star Trek
Star trek adalah film franchise milik CBS yang sampai 2016 telah dirilis sebanyak 13 seri. Yaitu: The Motion Picture (1979), The Wrath of Khan (1982), The Search for Spock (1984), The Voyage Home (1986), The Final Frontier (1989), The Undiscovered Country (1991), Generations (1994), First Contact (1996), Insurrection (1998), Nemesis (2002), Star Trek (2009), Into Darkness (2013), Beyond (2016). Baru 4 seri yang saya tonton. Into the Darkness dan Nemesis adalah yang terbaik menurut saya.

Demikianlah review 10 film-film sci-fi terbaik. Masih banyak film-film sci-fi yang mendapat pujian dari penikmat film yang belum sempat saya tonton diantaranya Alien dan Blade Runner. Film-film tersebut masuk whislist saya tahun ini.

Comments

  1. Baru nonton beberapa, salah satu genre film yang perlu mikir, hihihi, kapan-kapan nyoba yang belum deh :D

    ReplyDelete
  2. Yoi mba,Inception tuh wajib di tonton, asli keren bgt.

    ReplyDelete
  3. Inception kuereen banget, nonton berulang-ulang juga tetep takjub.
    Interstellar idenya sederhana tapi eksekusinya luar biasa!!

    Btw, salam kenal di dumay, mas WIlly XD~

    ReplyDelete
  4. Salam kenal mba Noniq, terimakasih telah sudi mampir..
    iya Inception memang luar biasa, film yang jenius, saya juga entah sudah berapa kali nontonnya, ga pernah bosan.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cantik Itu Luka: Sebuah Sindiran Sosial Berbalut Realisme Magis

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama Penulis: Eka Kurniawan Cetakan pertama : 2004 (Telah diterbitkan sebelumnya oleh AKY Press pada 2002) Cetakan 19: 2016 Halaman: 479 Penghargaan: World Readers’ Award 2016 (Winner) Publishers Weekly’s Best Books of 2015 The New York Times’ 100 Notable Books of 2015 The Financial Times’ Best Books of 2015 Kirkus Review’s Best Fiction Books of 2015 Flavorwire’s The Best Fiction 2015 The Boston Globe’s The Best Books of 2015 Harper’s Bazaar’s 15 Best Books of 2015 Commonwealth Magazine’s Best Books of 2015
Novel ini merupakannovel debut Eka Kurniawan yang langsung melambungkan namanya dan masuk dalam sorotan kesusastraan dunia, terbukti dengan diberikannya penghargaan oleh World Readers Award 2016 di Hongkong, bersamaan dengan masuknnya Eka ke dalam daftar panjang (longlisted) The Man Booker International Prize 2016, sebuah penghargaan dunia sastra tingkat internasional yang bergengsi dan prestisius, setingkat di bawah Nobel, atas novelnya yang kedua, Lel…

Resensi Novel Divortiare

Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama
Penulis                 : Ika Natassa
Cetakan pertama : 2008
Halaman              : 328

Sinopsis
Divortiare dibuka dengan cerita Alexandra Rhea -tokoh sentral novel ini sebagai aku- yang merupakan wanita karir sebagai relationship manager sebuah bank ternama di Jakarta, Alex – begitu ia disapa- baru baru saja pulang dari business trip ke daerah mengunjungi lokasi bisnis salah nasabah perusahaannya.Dalam perjalannanya pulang ke apartemennya ia menelpon Beno Wicaksono, dokter pribadinya, yang juga adalah mantan suaminya sejak dua tahun yang lalu. Alex meminta Beno yang bertugas di sebuah rumah sakit datang ke tempatnya karena ia merasa tidak enak badan semenjak dari tugasnya ke daerah.

Kiat Sukses Memahami ‘Kiat Sukses Hancur Lebur’

"pada akhirnya, mau lele atau ayam atau tempe atau soto, semuanya sama saja: meledak di jamban." (Bab VI: Arahan Seputar Budi Daya Lele, h. 154)


Pada awal abad XX, ditengah berkecamuknya perang dunia I (1914-1918) di Eropa tumbuh suatu gerakan kebudayaan yang diprakarsai oleh para seniman dan budayawan guna menunjukkan sikap netralitas dan tak mau terlibat dalam suasana perang yang semakin berkecamuk dan mengerikan. Sebuah bar di swiss, Cabaret Voltaire, menjadi tempat berkumpul para budayawan dan seniman yang menggagas gerakan ini. Mereka menyebut gerakan yang mereka jalani dengan kata Dada, yang kemudian dikenal sebagai Dadaisme. Sikap perlawanan mereka bertujuan untuk tidak memihak atas seni dan budaya yang mulai dikotomis akibat perang karena kepentingan politik. Mereka tidak mau terikat dalam batas-batas apa yang diterima sebagai norma dalam suatu seni dan kebudayaan.Awalnya gerakan ini meliputi seni lukis dan visual, kemudian meluas ke ranah kebudayaan lainnya, yaitu sa…