Skip to main content

Perpustakaan Kineruku Bandung


Bagi yang menetap di Bandung atau sedang mengunjungi Bandung, Perpustakaan Kineruku adalah salah satu tempat yang musti disambangi bagi para pecinta buku. Berlokasi di jalan Hegarmanah, di kawasan asri nan adem dan jauh dari hiruk pikuk keramaian, perpustakaan ini menyajikan buku-buku beragam dan berkualitas untuk dipinjamkan, baik untuk dibaca di tempat maupun dibawa ke rumah.
Rak-rak dipenuhi bebuku di ruang utama Kineruku



Tidak hanya buku, dengan tagline 'baca, dengar, tonton', Kineruku juga menyediakan kaset-kaset film dan musik yang beragam ntuk dipinjamkan. Demi memanjakan pengunjung, juga disediakan sebuah ruang bioskop mini yang dapat disewa guna menonton film, namun untuk sementara ruang ini sedang direnovasi, sepertinya akan diperbesar untuk menampung lebih banyak penonton.


Buku-buku koleksi Kineruku sangat beragam, mulai dari arsitektur, filsafat, sastra, ekonomi dan bisnis, pengembangan diri, hingga seni. Disini saya sering menemukan buku-buku tua yang sudah lama saya cari. Selain itu terdapat juga buku-buku baru untuk dijual laiknya toko buku. Kebanyakan adalah buku-buku terbitan penerbitan indie atau buku-buku yang memang diterbitkan untuk komunitas spesifik. 


Jika ingin menghabiskan waktu membaca seharian disini, jangan khawatir kelaparan. Tersedia pula aneka pilihan makanan dan minuman ala cafe. Sehingga banyak juga yang kesini, umumnya anak-anak muda, hanya untuk menikmati makanan dan minuman  sembari berkumpul dengan kawan-kawan. Namun, hal ini tidak akan mengurangi suasana hening untuk membaca, ruang belakang perpustakaan ini berupa taman kecil dengan pepohonan rindang dapat menambah kesyahduan membaca, sambil menyesap secangkir kopi akan terasa nikmat sekali. Tak disangsinkan lagi, Kineruku adalah ruang baca yang sangat nyaman ditengah sedikitnya tempat serupa di kota-kota besar.Saya seringkali dapat menghabiskan waktu seharian disini tanpa terasa, baik untuk membaca dan menulis atau bertemu kawan-kawan. Jika kawan-kawan sedang berkunjung ke Bandung, jangan cuma menyambangi factory outlet atau shopping center dan semacamya, bersantai disini sejenak sambil membaca adalah pilihan yang tak pernah salah.

Halaman belakang yang hommy

Membaca di Kineruku sambal menikmati minuman kesukaan


Comments

  1. suasana di Perpustakaan Kineruku memang sangat bagus, top deh untuk baca buku dengan nyaman


    syarat pendaftaran cpns

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Daftar Penerima Penghargaan Sastra: Kusala Sastra Khatulistiwa (KSK) 2001-2018

Kusala Sastra Khatulistiwa (KSK) adalah sebuah ajang penghargaan bagi dunia kesusastraan Indonesia yang didirikan oleh Richard Oh dan Takeshi Ichiki dan mulai dilaksanakan sejak tahun 2001. Acara ini, sebelumnya bernama Khatulistiwa Literary Award, namun berganti nama sejak tahun 2014. Pemenang KSK didasarkan pada buku kiriman peserta yang diseleksi secara ketat oleh para dewan juri. Penghargaan bagi insan dunia sastra nasional ini bisa dibilang sebagai acuan pencapaian kesusastraan nasional pada tahun tersebut dan merupakan salah satu ajang penghargaan sastra paling prestisius di negeri ini.  Sebagai pembaca, seringkali saya menjadikan karya-karya yang termasuk ke dalam nominasi, baik shortlist maupun longlist, sebagai ajuan karya-karya bermutu yang wajib dibaca. Meskipun kadang-kadang karya yang masuk nominasi sebuah penghargaan sastra, belum tentu best seller atau sukses dipasaran. Begitu juga dengan label bestseller pada halaman muka sebuah buku, tidak menjamin buku

Hegemoni Puisi Liris

(disampaikan dalam diskusi online @biblioforum) Secara sederhana puisi liris adalah gaya puitis yang menekankan pengungkapkan perasaan melalui kata-kata, dengan rima dan tata bahasa teratur yang terkadang menyerupai nyanyian. Subjektifitas penyair sangat menonjol dalam melihat suatu objek atau fenomena yang dilihatnya. Penyair liris menyajikan persepsi tentang realitas, meninggalkan ke samping objektivitas dan menonjolkan refleksi perasaannya atas suatu gejala atau fenomena. Secara umum, perkembangan puisi liris adalah anak kandung dari kelahiran gerakan romantisisme pada seni pada awal akhir abad ke-18. Romantisisme lahir sebagai respon atas rasionalisme dan revolusi industri yang mulai mendominasi pada masa itu. Kala itu aliran seni lebih bercorak renaisans yang lebih menekankan melihat realita secara objektif. Lirisme dalam puisi lahir sebagai akibat dari berkembangnya gerakan romantisisme yang menekankan glorifikasi atas kenangan indah masa lalu atau tentang alam

Resensi Novel Divortiare

Penerbit               : Gramedia Pustaka Utama Penulis                 : Ika Natassa Cetakan pertama : 2008 Halaman              : 328 Sinopsis Divortiare dibuka dengan cerita Alexandra Rhea -tokoh sentral novel ini sebagai aku- yang merupakan wanita karir sebagai relationship manager sebuah bank ternama di Jakarta, Alex – begitu ia disapa- baru baru saja pulang dari business trip ke daerah mengunjungi lokasi bisnis salah nasabah perusahaannya.Dalam perjalannanya pulang ke apartemennya ia menelpon Beno Wicaksono, dokter pribadinya, yang juga adalah mantan suaminya sejak dua tahun yang lalu. Alex meminta Beno yang bertugas di sebuah rumah sakit datang ke tempatnya karena ia merasa tidak enak badan semenjak dari tugasnya ke daerah.